Selasa, 27 November 2018

Dibalik Turunnya Harga Batu Bara

Harga Batu Bara pada level dunia dikabarkan akan terus mengalami penurunan yang cukup mendalam. Hal ini dikarenakan adanya kebijakan pengetatan impor yang dilakukan oleh Tiongkok. Akibat dari kebijakan impor yang dilakukan oleh tongkok, mengakibatkan harga batu bara global terus mengalami penurunan harga. Sehingga, para pelaku usaha pertambangan berupaya untuk menekan produksi batu baranya tahun depan.
Harga Batu Bara
Harga Batu Bara

Pengurangan target produksi batu bara dilakukan sebagai upaya menjaga keseimbangan antara permintaan dan juga suplai batubara yang diharapkan dapat menjaga kestabilan harga batu bara pada level global. APBI (asosiasi pertambangan batu bara Indonesia) menyatakan bahwa tahun depan kemungkinan akan banyak perusahaan yang menurunkan produksi batu baranya. Hal ini disebabkan karena tren harga batu bara yang mengalami penurunan secara terus menerus.

Pandu Pandu Patria Sjahrir, Ketua Umum Asosiasi Pertambangan Batu Bara Indonesia juga mengatakan bahwa penurunan produksi merupakan salah satu upaya konservatif dalam menghadapi rendahnay harga batu bara global. Pandu juga menyebutkan bahwa pada saat ini pasar ekspor batu bara tidak menunjukan arah yang terlalu baik ditambah adanya pengetatan kebijakan impor batu bara oleh tiongkok menjadikan pasar ekspor batu bara semakin keruh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar