Selasa, 27 November 2018

Langkah Pelonggaran Investasi Asing

Pelonggaran Investasi Asing merupakan salah satu cara untuk memperbaiki perekonomian nasional dan juga memanfaatkan momentum ketika nilai jual rupiah terhadap dolar amerika serikat kembali menguat. Pemerintah telah meluncurkan sejumlah kebijakan yang bertujuan untuk menekan angka defisit transaksi berjalan dan juga untuk memperkuat rupiah dengan cara meluncurkan paket kebijakan ekonomi 16 dan juga kebijakan B20.
Pelonggaran Investasi Asing
Pelonggaran Investasi Asing

Dengan mengeluarkan paket kebijakan mandatori biodiesel 20% atau B20 maka diharapkan konsumsi solar impor dapat dikendalikan, selain itu pengendalian impor menggunakan kenaikan tarif pph 22 impor juga sudah dikeluarkan oleh Pemerintah, dan Kewajiban TKDN atau tingkat kandungan dalam negeri dalam tiap proyek pemerintah. Sedangkan untuk sisi finansial, Pemerintah mengeluarkan kebijakan paket ekonomi 16 untuk mengatasi dua permasalahan besar yang sedang menyerang Indonesia yakni Defisit transaksi berjalan dan juga nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika.

Namun sayangnya, dalam perilisan paket kebijakan ekonomi 16 ini menemui sejumlah kendala terkait koordinasi antar kemeterian yang memilki kepentingan yang sama. Selain itu, Paket kebijakan ekonomi 16 dinilai kurang tepat oleh kubu oposisi karena dikeluarkan pada saat kondisi ekonomi sedang tidak baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar